Thursday, January 18, 2007

Art

Art in Little Darbi
Untuk semua teman kecilku

Di Little Darbi teman-teman kecilku sudah mencoba banyak hal, seperti:
Meremas kertas/kain
Merobek lurus
Memilin kertas/playdough
Membentuk sesuatu dengan playdough/koran
Melipat kertas
Mencocok kertas membentuk benda-benda
Menggunting lurus dan melengkung menggunakan kertas atau playdough
Menjahit tanpa jarum(teman kecil biasanya memasukkan tali kur yang ujungnya telah dikeraskan dengan selotip kedalam lubang yang sudah dibolongi dengan pembolong kertas dan jumlah serta ukuran lubangnya disesuaikan dengan kemampuan teman kecil)
Melukis dengan cat/pewarna makanan/cat buatan sendiri* (dalam melukis kami kadang menggunakan kuas, sikat, batang-batang pohon bahkan jari dan pergelangan tangan/telapak kaki
Mencetak dan mencap, dapat menggunakan cetakan kue dan playdough atau mencetak gambar di t-shirt atau kain, brush printing(menggunakan cat, sikat gigi bekas, sisir dan macam-macam bentuk daun), mozaik(dengan menggunakan kertas dan krayon yang digosokkan pada permukaan kasar batang pohon, daun, ubin atau benda-benda berpermukaan kasar lainnya), biasanya dalam mencap teman kecil menggunakan bahan-bahan alam, seperti; kentang, wortel, batang pisang dsb. Dan bisa juga dengan anggota tubuh teman kecil.
Menggambar bebas, di sini teman-teman kecil bebas berekspresi dengan crayon, pensil warna atau marker. Mereka bebas memilih warna serta bentuk yang mereka inginkan.
Meronce, dengan merangkai aneka biji-bijian, kancing. Sedotan, batang pohon pepaya, kertas majalah yang telah digulung untuk membentuk sesuatu, dapat berupa kalung, gelang, hiasan pintu, dsb.
Semua kegiatan diatas biasanya disesuaikan dengan tema yang ada dalam program pembelajaran.


#) cat buatan sendiri
Dapat dibuat dari tepung sagu yang diencerkan dengan air panas, dicamur minyak sedikit, pewarna makanan,dan sabun deterjen bubuk.

No comments: